Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Calon Haji Ada 3 tahap

  • Oleh Uriutu
  • 09 Maret 2018 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji di Barito Selatan (Barsel) ada tiga tahap.

Demikian diungkapkan Kabid Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinkes Barsel, Djulita K Palar kepada Borneonews. Jumat (9/3/2018).

“Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji di Barito Selatan dibagi dalam tiga tahap,” kata Djulita K Palar. 

Ia mengatakan, untuk pemeriksaan tahap pertama sudah dilaksanakan, ini merupakan tindakan selektif terhadap calon haji untuk memenuhi persyaratan istitha’ah. 

Hal tersebut lanjut dia, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 15/2016 tentang Istitha'ah Kesehatan Jamaah Haji, dan Permenkes Nomor 62/2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji. 

“Dari hasil pemeriksaan 125 calon jamaah haji, 90 diantaranya dirujuk ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok, karena memiliki risiko yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan,” beber dia. 

Ia menjelaskan, sementara untuk pemeriksaan kesehatan tahap kedua, akan dilaksanakan pada awal April 2018 dan pelayanannya berupa vaksinasi meningitis. 

Sekaligus, lanjut dia, dilaksanakan pembinaan, penyuluhan dan pengamatan kesehatan serta melakukan pemeriksaan kehamilan bagi calon jamaah haji perempuan. 

Ia menambahkan, untuk tahap selanjutnya atau tahap ketiga dilakukan vaksinasi influenza. Selain itu seluruh calon jamaah haji sudah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

“Semua itu bermanfaat untuk mengantisipasi jika terjadi masalah kesehatan calon jamaah haji pada waktu penyelenggaraan haji, maupun pemeriksaan kesehatan selanjutnya,” ucap dia. (URIUTU DJAPER).

Berita Terbaru