Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Harap Bupati Terpilih Perjuangkan Harga Rotan dan Karet

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Maret 2018 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kabupaten Katingan berharap bupati terpilih di Pilkada Katingan 27 Juni 2018 mendatang bisa memperjuangkan perbaikan harga dua komoditas yang selama ini menjadi andalan warga, yakni rotan dan karet.

Rotan dan karet sejak beberapa tahun terakhir dihargai murah, terutama di tingkat petani. 

Akibat harga murah, tidak jarang warga Katingan terutama yang hidupnya menggantungkan rotan dan karet ini kesulitan ekonomi.

"Sudah lama harga rotan murah dari sejak bupatinya Duwel Rawing sampai Ahmad Yantenglie, terus Sakariyas kemarin, tetap tidak ada perubahan, rotan dan karet dihargai sangat murah," keluh Andi warga Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan, Jumat (9/3/2018).

Menurutnya, di desanya dan juga desa lain di Kabupaten Katingan mulai dari bagian hilir hingga ke hulu, tidak sedikit warga yang memiliki kebun rotan dan karet itu.

Namun sejauh ini harga hasil bumi dua komoditas tersebut murah.

Andi menggambarkan, untuk harga rotan mentah atau asalan misalnya, saat ini pengepul mematok harga Rp70 ribu per kwintalnya.

Sementara getah karet dihargai Rp5000 per kilonya.

Akibat harganya dinilai terlalu murah, warga pemilik kebun rotan dan karet itu tidak jarang mencari pekerjaan lain. Namun masih ada juga warga yang tetap memotong rotan dan menyadap karet meski murah, karena mencari pekerjaan lain sulit.

"Makanya kami berharap bupati tepilih nanti bisa mengangkat harga rotan dan karet ini," harapnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru