Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Muara Teweh Serahkan Owa-Owa ke BKSDA

  • Oleh Ramadani
  • 09 Maret 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Warno, pensiunan TNI dari Kodim 1013 Muara Teweh melalui anaknya Heni Wahyuni Bintari secara suka rela menyerahkan seekor Owa-Owa (Hylobates moelleri) kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah melalui Kepala Seksi Konsevasi Wilayah (SKW) III Muara Teweh.

Heni mengemukakan bahwa awal cerita ketemu seekor owa-owa atau kalaweit tersebut saat ayahnya dipindah tugas di Koramil Kecamatan Teweh Timur, Benangin.

Saat itu kalawait ini masih berumur kurang lebih tiga hari dan masih sangat kecil yang diperluhara hingga sekarang berumur 10 tahun.

Kalaweit ini diberi nama panggilan Ruru, sedangkan untuk makanan hari-harinya ayahnya selalu memberi susu serta buah-buahan seperti pisang, rambutan dan sejumlah buah-buahan lainnya.

“Karena ayahnya sudah pensiun atau purna tugas dari tentara serta sering ditinggalkan bekerja di perusahaan, sehingga ayah minta Ruru ini diserahkan saja dan minta dimasukan ke penangkaran kalawait,” katanya.

Kepala SKW III BKSDA Kalteng Nizar Adhaninto melalui petugas BKSDA Kalteng Ricardus M mengatakan owa-owa ini selanjutnya akan diserahkan kepada Yayasan Kalaweit untuk direhabilitasi sebelum dilepas liarkan.(RAMADHANI/B-6) 

Berita Terbaru