Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eksekutif Jangan Hanya Mengakomodasi Hasil Musrenbang Semata

  • Oleh Naco
  • 10 Maret 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Hero Harapanno Mandouw menekankan pemkab agar tidak semata-mata menggunakan hasil musrenbang, sebagai acuan pembangunan di daerah ini. 

Sebab, program pembangunan tidak hanya diusulkan melalui musrenbang, tetapi juga melalui hasil reses dewan. Terkait itu, Komisi III sepakat agar program pembangunan juga mengacu pada hasil reses dewan.

Kebiasaan eksekutif selalu mengutamakan program melalui hasil musrenbang jangan lagi terjadi. Karena hasil reses merupakan penjaringan aspirasi yang dilakukan dewan melalui turun langsung ke lapangan menemui masyarakat.

"Apa yang jadi usulan dalam reses dan musrenbang masukan saja. Nanti saat pembahasan kita sama-sama melihat yang kebutuhan mendesak dan skala prioritas," kata Hero Harapanno Mandouw, Sabtu (10/3/2018).

Hero menambahkan sering kali terjadi usulan masyarakat terkadang tidak sampai dibahas melalui dewan. Eksekutif saat pembahasan mengusulkan kegiatan yang sudah mereka atur. Maka tidak jarang saat sampai di lembaga itu mendapat penolakan.

"Kondisi daerah kekurangan anggaran saat ini penting melihat kegiatan pembangunan yang benar-benar menyentuh pada masyarakat," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru