Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Minta Pemkab Barito Timur Serius Berantas ASN Terlibat Narkoba

  • Oleh ANTARA
  • 08 Maret 2018 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Barito Timur Janjo Briano meminta Pemerintah setempat lebih serius lagi dalam pemberantasan narkoba di lingkup aparatur sipil negara (ASN).

"Kita khawatir ASN yang terlibat bisnis narkoba terus bertambah. Berantas hingga tuntas dan beri sanksi tegas," kata Janjo di Tamiang Layang, Rabu (7/3/2018).

Menurut politisi PDIP itu, pihaknya juga sangat prihatin dan menyesalkan adanya oknum ASN yang kembali tertangkap dengan dugaan sebagai bandar narkoba. Oleh karena itu, perlu penanganan khusus secara intensif agar bisa ditekan.

Janjo berharap, pemerintah setempat juga membuat regulasi hukum yang tegas seperti perda maupun perbup. Regulasi yang tegas merupakan salah satu cara agar pegawai terlibat narkoba tidak bertambah.

"Dengan sanksi tegas seperti sanksi pemecatan, tentu akan memberikan efek jera. Hingga saat ini, hukuman atas perbuatan yang dilakukan masih terbilang cukup ringan. Sebagian ASN yang terlibat narkoba yang sudah menjalani hukuman bisa kembali bekerja, kesalahan tersebut tentu berdampak pada yang lain," katanya. 

Menurut Janjo, penindakan jangan hanya terkesan pada sebatas pada penangkapan. Namun juga pengungkapan keterlibatan pegawai lainnya, baik rekan seprofesi maupun rekan di luar kerja.

"Bisa saja rekan seprofesi terlibat narkoba," kata politisi yang terpilih sebagai legislator dari Dapil II pada 2014 itu.

Ia juga berharap pemerintah setempat bisa melakukan seleksi pada penerimaan ASN, baik tenaga kontrak maupun honorer dengan persyaratan bebas narkoba. 

Janjo juga mengajak seluruh lapisan masyarakat turut mensukseskan pemberantasan narkoba dan menjaga anak-anak sebagai generasi penerus untuk tidak terjerumus.

"Generasi kita selanjutnyalah yang akan membangun kabupaten Bartim kearah yang lebih baik. Berikan informasi tentang narkoba ke kepolisian," demikian Janjo. (KBA)
 

Berita Terbaru