Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perekaman E-KTP di Barito Timur Agar Dipercepat

  • Oleh ANTARA
  • 17 Februari 2018 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Timur meminta perekaman KTP elektronik (e-KTP) terus dilaksanakan dan dipercepat.

Ketua Komisi I DPRD Barito Timur Janjo Briano mengatakan, harapannya agar perekaman bisa tuntas sebelum pelaksanaan pencoblosan pada 27 Juni 2018.

"Dengan demikian, warga yang berdomisili dan memiliki KTP elektronik Barito Timur bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada nanti, pemilu legislatif dan presiden," katanya, Sabtu (17/2/2018).

Menurut politisi PDIP itu, masyarakat yang telah cakap menggunakan hak pilih bisa memilih pemimpin untuk Kabupaten Bartim.

Seharusnya, lanjut Janjo, perekaman e-KTP tuntas tahun 2017. Namun karena ada kendala maka belum selesai hingga saat ini.

Oleh karena itu, DPRD Bartim mengharapkan pemerintah daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) segera menuntaskan pendataan penduduk yang melibatkan RT, RW, Kades maupun Lurah sehingga datang yang dihasilkan benar-benar valid. 

"Juga tidak ada warga Bartim yang sudah punya hak pilih tidak tercantum dalam DPS maupun DPT nantinya," katanya lagi.

Janjo juga mengharapkan dalam pendataan yang dilakukan Disdukcapil diharapkan sangat selektif dan tidak terjadi kesalahan, seperti pemilih ganda atau orang luar Bartim menjadi pemilih dalam pilkada.

Sementara itu Kadis Disdukcapil Drs Suwardi mengatakan, pihaknya kini terus melakukan perekaman e-KTP dengan pola jemput bola.

"Perekaman terus kita lakukan," katanya.

Berita Terbaru