Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Nansarunai Jajaka Bakal Berlangsung Awal April 2018

  • Oleh ANTARA
  • 16 Februari 2018 - 01:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Festival Nansarunai Jajaka yang rutin diadakan tiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur, pada tahun 2018 ini akan digelar lebih awal pada April.  

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bartim, Ruspandi Dena melalui Kabid Kebudayaan, Hiburan mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rapat internal dan rapat dengan Bupati Bartim, untuk membahas acara dan kesiapan Festival Jajaka 2018.

"Biasanya menggunakan nama Festival Jajaka, kini diubah menjadi Festival Nansarunai Jajaka. Untuk persiapan sudah matang di tingkat internal dan sudah dilaporkan kepada Bupati Bartim," kata Hiburan di ruang kerjanya, Kamis (15/2/2018).

Alasan menampilkan nama Nansarunai karena diambil dari sejarah suku Dayak Ma'anyan di Bartim bahwa tumpuk Nansarunai (tempat kerajaan Nansarunai - Dayak Ma'anyan) adalah cikal bakal Barito Timur, yang dihuni suku Dayak Ma'anyan pada awal mulanya.

Lomba yang akan digelar dengan tema "Nansarunai", di antaranya lomba tari seni dan budaya.

Disporabudpar juga akan mengadakan karnaval budaya yang menampilkan seni dan budaya khas Bartim, serta mengundang tamu luar daerah terdekat seperti Pemerintah Kabupaten Tabalong, Balangan dan Hulu Sungai Utara.

"Kita juga mengadakan lomba budaya Nansarunai seperti lukis ornamen, lukis legenda serta lomba kuliner Nansarunai," katanya. 

Hiburan menyatakan, kegiatan festival Nansarunai Jajaka 2018 akan diselenggarakan lebih meriah dari tahun sebelumnya dan dipusatkan di Kecamatan Dusun Timur. (KBA)
 

Berita Terbaru