Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sempat Hendak Dijual, Seekor Penyu Hijau Berusia 60 Tahun Akhirnya Dilepasliarkan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Maret 2018 - 10:44 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Seekor penyu hijau yang diperkirakan berusia 60 tahun, dilepasliarkan oleh petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, Senin (12/3/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pelepasliaran penyu betina itu dilakukan di Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Penyu itu sebelumnya berhasil diselamatkan oleh Yuan Budiarto, anggota Brimob Kompi B Pangkalan Bun, dari tangan seorang warga di kawasan Bugam Raya. Warga itu tidak mengetahui bahwa penyu hijau merupakan satwa langka. Warga itu bahkan berniat menjualnya.

Kepala SKW II Pangkalan Bun Agung Widodo menyebutkan, penyu hijau itu memiliki berat mencapai 127 kilogram.

"Minggu (11/3/2018) malam kita mendapat telepon dari saudara Yuan Budiarto, seorang anggota Brimob. Katanya, dia akan menyerahkan seekor penyu hijau yang berhasil diselamatkannya dari seseorang yang berniat menjualnya," sebut Agung.

Berdasarkan penuturan Yuan, lanjut Agung yang ditemui di Kantor SKW II Pangkalan Bun, saat itu dia mengetahui ada seseorang yang berniat menjual penyu hijau.

"Mengetahui hal itu, saudara Yuan langsung mendatangi orang tersebut. Kemudian dia memberikan pengertian bahwa penyu hijau merupakan satwa langka yang dilindungi undang-undang. Untunglah orang itu menyadari ketidaktahuannya dan bersedia menyerahkannya. Setelah itu saudara Yuan menghubungi kami dan penyu tersebut langsung dibawa ke kantor SKW II Pangkalan Bun."

Diduga, lanjut Agung, penyu dengan panjang tempurung atau rapas 107 cm dan lebar 94 cm itu tidak sengaja tertangkap jaring nelayan yang berada di kawasan Bugam Raya.

"Lantaran warga tersebut masih belum mengetahui bahwa penyu ini adalah satwa langka, dia berniat menjualnya. Untunglah penyu hijau ini berhasil diselamatkan setelah warga tersebut menyadari ketidaktahuannya," sebut dia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, penyu hijau itu dianggap sehat sehingga dilepasliarkan di TWA Tanjung Keluang. (KRIDA/B-3)

Berita Terbaru