Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Proyeksi Para Analis Untuk Harga CPO Tahun Ini

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 12 Maret 2018 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejumlah pengamat industri sawit dan analis telah mengungkapkan proyeksi mereka terhadap pergerakan harga minyak sawit mentah (CPO) selama tahun ini, yang rata-rata menunjukkan penurunan.

Setelah menunjukkan kinerja kuat di level RM2.783 per ton pada 2017, beberapa pakar sawit menyampaikan estimasi mereka ketika menghadiri konferensi tentang minyak sawit di Kuala Lumpur, Malaysia, pekan lalu. Untuk pergerakan harga CPO, menurut asumsi mereka, berada di kisaran RM2.200 hingga RM2.700 per ton tahun ini.

Para pakar itu mengaitkan asumsi pergerakan harga selama 2018 ini dengan pemulihan produksi pasca-El-Nino, meningkatnya cadangan dan menguatnya nilai tukar ringgit Malaysia, yang sepertinya akan memberikan tekanan terhadap komoditas ini.

Proyeksi konsensus untuk CPO berada di rentang RM2.500 per ton, dengan estimasi terkuat disampaikan oleh direkstur Godrej International Ltd, Dorab Mistry, yang memperkirakan harga CPO akan menyentuh level tertinggi di RM2.700 per ton pada 2018.

Sedangkan Direktur Eksekutif OilWorld, Thomas Mielke, seperti dikutip The Star akhir pekan ini, membuat proyeksi di kisaran RM2.350-RM2.700 per ton, dan Chairman LMC International Ltd, James Fry, membuat estimasi lebih konservatif di level RM2.200 per ton. 

Proyeksi para ahli itu tak jauh berbeda dengan perkiraan para petinggi perusahaan sawit Malaysia, seperti Vice Chairman dan CEO United Plantations Bhd, Datuk Carl Bek-Nielsen, serta Presiden dan CEO Felda Global Ventures Holdings Bhd, Datuk Zakaria Arshad, yang memproyeksikan harga CPO di rentang RM2.400 hingga RM2.600 per ton. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru