Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Harap Sokongan Dana APBN untuk Pengembangan Pertanian

  • Oleh ANTARA
  • 26 Januari 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur Parjono meminta Dinas Pertanian mengoptimalisasi program cetak sawah di Kecamatan Raren Batuah. 

"Lahan yang telah dicetak menjadi areal persawahan beberapa tahun lalu hendaknya diptimalisasi melalui program lanjutannya, agar bisa menghasilkan produksi beras daerah," kata Parjono di Tamiang Layang, Jumat (26/1/2018).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, optimalisasi lahan cetak yang diharapkan bisa digunakan sesuai peruntukan, sehingga tidak terkesan dibiarkan di lapangan.

Contoh optimalisasi melalui program lanjutan itu yakni pembuatan saluran irigasi yang memadai untuk pengairan sawah. Petani nantinya bisa bekerja di lahan tersebut. 

Saat ini lahan yang telah dicetak atau diolah menjadi lokasi persawahan masih belum bisa dijadikan andalan petani untuk menjadi mata pencaharian.

"Kami ingin melihat masyarakat yang notabene sebagai petani bisa menanam padi di sawah mereka dan bisa mensejahterakan masyarakat," katanya.

Selaku anggota dewan, Parjono menyatakan dukungan untuk program pengembangan kawasan pertanian yang terus mendapatkan sokongan dana dari APBN pada setiap tahunnya.

Pihak dewan ikut memperjuangkan dengan mengawal alokasi anggaran di Dinas Pertanian. Pemerintah Daerah hendaknya lebih serius menyikapi masalah pertanian yang terjadi di wilayah. Sebab beberapa persoalan yang memang diperlukan sumbang saran serta pemikiran dapat disampaikan agar kemampuan daerah dalam pengelolaan pertanian lebih baik," katanya.

Yang perlu diketahui, untuk jadi pertimbangan adalah ketersediaan lahan yang luas dan subur, kiranya bisa memaksimalkan program perluasan cetak sawah dan optimalkan programnya. (KBA/m)

Berita Terbaru