Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Media Sosial Memiliki Sisi Positif dan Negatif

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 12 Maret 2018 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kotawaringin Barat (Kobar) Rody Iskandar mengingatkan masyarakat jangan asal tulis di media sosial. Karena belum tentu, tulisan kita di media sosial dianggap positif atau baik oleh orang lain.

Bisa saja, karena kecerobohan malah terjerat Undang-Undang ITE. Rody memberikan tips, sebelum mengirim status ada baiknya membaca status tersebut berulang kali.

Meskipun ada fitur yang digunakan untuk menghapus status, tetapi ada fitur lain yang bisa meng-copy status tersebut seperti screenshot yang akan mengupload lagi status yang pernah dihapus tersebut.

"Dikhawatirkan apabila status tersebut diunggah kembali maka akan menimbulkan hal-hal yang melanggar Undang-Undang ITE bisa tersebar ke masyarakat. Sebelum mengirim status atau mengupload sesuatu ada sebaiknya dibaca terlebih dahulu agar dampaknya tidak menjalar lebih luas," ucapnya, Senin (12/3/2018).

Menurutnya, media sosial memiliki sisi positif dan negatif tergantung dari penggunanya. "Saya merasa media sosial ini memiliki banyak manfaatnya seperti ketemu dengan teman-teman yang sudah lama tidak kita temui," tuturnya.

Sedangkan dampak negatifnya, seperti saat membuat status atau komentar di status orang lain dengan nada bercanda, belum tentu ditanggapi dengan baik atau malah tersinggung. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru