Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Notaris Joni Kembali Berkelit dan Kerap Beralasan Tidak Tahu Saat Ditanya Hakim

  • Oleh Naco
  • 12 Maret 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Notaris Joni Tanda kembali dimintai keterangan dalam persidangan kasus penipuan pembiayaan perumahan milik PT Adhi Karya Property dengan terdakwa Yoris Adi Saputra dan Hasan Maulana. Namun dalam keterangannya sebagai saksi, untuk kedua kalinya Joni berkelit.

Joni berkelit saat ditanya berapa cover note untuk akta notaris perumahan milik Darto (DPO) yang sudah ia keluarkan. Joni sempat beralasan baru mengeluarkan tujuh cover note, namun sempat ia tarik kembali. Akan tetapi saat ditanya atas nama siapa-siapa saja ia beralasan lupa. "Saya tidak ingat lagi yang mulia," kata Joni, Senin (12/3/2018).

Saat hakim kembali mengecek dari bukti-bukti yang ada, Joni ketahuan berbohong. Karena hakim menemukan ada salah satu bukti kalau ada satu nama yang ternyata sudah terproses. "Ini buktinya sudah saudara proses. Jujur biar enak jangan ada yang ditutup-tutupi," tegas hakim kepadanya.

Selain lupa soal cover note, Joni juga mengaku lupa berapa jumlah sertifikat yang sudah diserahkan kepadanya. Ia sering kali menyebut penyerahan sertifikat maupun cover note diserahkan melalui stafnya Zubaidah sehingga ia mengaku tidak tahu.

"Jangan menyebut staf saudara, di sini yang tanggung jawab saudara. Tidak ada di sini tanda tangan Zubaidah staf saudara itu," tegas hakim membuat Joni terdiam.

Selain soal itu, Joni yang untuk kedua kalinya dipanggil sebagai saksi dalam kasus ini juga lagi-lagi terdiam saat keterangannya dikonfrontir dengan terdakwa. Di mana pengakuan Yoris, kalau Joni sudah mengeluarkan sekitar 90 cover note.

Kasus penipuan pembiayaan perumahan yang dipimpin majelis hakim Ega Shaktiana ini mengakibatkan Bank Syariah Mandiri (BSM) harus mengalami kerugian sekitar Rp31,15 miliar. Sehingga menyeret Hasan dan Yoris yang merupakan mantan pegawai BSM. (NACO/B-2)

Berita Terbaru