Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPK Apresiasi Pengelolaan APBD Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 13 Maret 2018 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD) Barito Selatan. Unit kerja koordinator supervisi pencegahan KPK, Rusfian mengatakan, pengelolaan APBD Barsel progresnya sangat menggembirakan.

“Oleh sebab itu kita mengapresiasi pengelolaan APBD Barito Selatan ini,” kata Rusfian kepada Borneonews, Selasa (13/3/2018).

Meski mengapresiasi, lanjut dia, ada beberapa catatan yakni ada dua SOPD yang belum terintegrasi perencanaan dan penganggarannya dalam aplikasi e-planning dan e-budgeting.

Kedua Satuan Organisasi Perangkat Daerah tersebut yakni Dinas PU-PR dan Dinas Pendidikan.

Dirinya pun mempertanyakan permasalahan dan bagaimana pihak pemerintah daerah menyelesaikannya.

“Hal ini perlu dorongan dan komitmen dari kepala daerah. Dan hal ini harus kami kawal terus,” ucap dia.

Di tempat yang sama, Sekda Barsel Edi Kristianto mengatakan, kegiatan monitoring dan evaluasi dari tim KPK ini dalam rangka program pemberantasan korupsi terintegrasi. “KPK ini memonitoring rencana aksi sejauh mana yang sudah kita lakukan,” ucap dia.

Menurutnya, apa yang tertuang dalam rencana aksi dan saran-saran dari KPK harus ditindaklanjuti. Sebab jika tidak, divisi pencegahan korupsi ini akan meninggalkan kita dan akan diganti dengan divisi penindakan.

Hal ini sangat membahayakan. Untuk itu, pihaknya berusaha untuk melakukan antisipasi secara dini agar bisa mencegah terjadinya perbuatan tindak pidana korupsi.

Ia menambahkan, untuk dua SOPD yakni Dinas PU-PR dan Dinas pendidikan ada selisih atau perbedaan istilah sehingga tidak bisa terkoneksi antara e-planning dan e-budgeting.

“Tadi sudah disepakati, dalam hal ini akan disamakan bahasanya atau istilahnya agar bisa masuk ke aplikasi semuanya. Dalam satu bulan ke depan akan beres,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru