Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penurunan Angka Karhutla di Kalteng Terbantu oleh Faktor Alam

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 13 Maret 2018 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Angka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2017 mengalami penurunan. Meski begitu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengingatkan agar pemerintah tetap bekerja keras menangani karhutla tahun 2018.

Sebab menurutnya, penurunan angka kebakaran di tahun 2017 tidak hanya karena usaha pemerintah mengantisipasi karhutla, tapi juga karena bantuan alam.

"Memang benar tahun 2017 kebakaran hutan dapat kita antisipasi, namun jangan berbangga hati dulu karena tahun tersebut musim kemarau basah sehingga antisipasi lebih mudah," ujarnya, Selasa (13/3/2018).

Sugianto meminta pemerintah lebih bekerja keras mengingat tahun ini diprediksi akan terjadi kemarau kering yang menjadikan potensi karhutla lebih mungkin terjadi.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Sekertaris Daerah (Plt Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri menjelaskan, ada 78 laporan terkait karhutla tahun 2015. Pada 2016 berkurang menjadi 45 laporan dan tahun 2017 berkurang menjadi 23 laporan.

Guna mengatasi kebakaran hutan, Pemprov sudah melalukan berbagai upaya seperti mendirikan posko bencana kebakaran, mengaktifkan serta memperbaiki 500 sumur bor yang tersebar di daerah-daerah. Beberapa waktu lalu pemprov menggelar rapat pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan se-Kalteng. (GAZALI/B-2)

Berita Terbaru