Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPR Dorong Pemprov Kalteng Segera Tuntaskan Proyek Pembangkit Listrik

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Maret 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah, Hamdhani, meminta pemerintah daerah menutupi kebutuhan daya listrik yang masih kurang. Sebab, ketersediaan energi listrik menjadi prasyarat utama untuk melaksanakan pembangunan.

Karena itu, ia mendorong Pemprov Kalteng segera menuntaskan proyek pembangkit listrik hingga operasional. Saat ini, katanya, ada beberapa pembangkit listrik terutama dari tenaga uap (PLTU) yang belum beroperasional dan ada juga yang masih tahap uji coba.

Kebutuhan listrik yang belum mencukupi ini, lanjutnya, selalu krusial. Karena setiap kali dirinya kunjungan ke berbagai desa di Kalteng untuk menjaring aspirasi, selalu menerima keluhan dari berbagai lapisan masyarakat terkait ketersediaan listrik.

“Kami di DPR RI terus berupaya menyampaikan apa yang menjadi kendala masyarakat Kalteng, khususnya yang menjadi tugas dan fungsi Komisi VI. Nah setiap melakukan kunjungan ke berbagai desa di Kalteng, ada beberapa masyarakat mengeluhkan soal belum teraliri listrik ini,” tandasnya, Rabu (14/3/2018).

Mengenai kapal pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) yang berasal dari Turki, sambung Hamdhani, hanya akan melayani selama lima tahun. Sesuai kontrak sewa dengan PT PLN. Kapal dengan kapasitas 60 Megawatt (MW) itu akan datang di perairan Sampit, Kalteng pada Mei 2018 mendatang.

Karena hanya berdurasi lima tahun, politisi Partai Nasdem itu berpesan agar pemerintah daerah menyelesaikan beberapa pembangkit yang sementara ini belum beroperasi optimal.

"Pembangkit listrik di Kalteng ini kan ada beberapa yang sedang dibangun tapi belum beroperasi. Hal ini membuat banyak masyarakat yang mengeluhkan,” sebutnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru