Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kembangkan Asuransi Pertanian

  • Oleh Ramadani
  • 14 Maret 2018 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Utara memiliki terobosan baru bagi para petani. Salah satunya yakni sistem asuransi bagi para petani. Hal ini dinilai cukup efektif untuk melindungi petani dari potensi gagal panen.

Kadispertanakan Barito Utara Setia Budi menuturkan, asuransi ini merupakan salah satu program yang akan dikembangkan bagi seluruh petani. Asuransi berlaku bagi para petani dan peternak yang ada di kabupaten berjuluk 'Iya Mulik Bengkang Turan'.

“Ada beberapa yang sudah berjalan yakni petani di beberapa desa dan ada juga peternak sapi,” kata Setia Budi, Rabu (14/3/2018)

Ia menambahkan, ada beberapa petani di Desa Montallat Kecamatan Gunung Timang yang sudah mengajukan klaim asuransi. Hal itu lantaran padi mereka gagal panen akibat banjir. Proses pengajuan pun berjalan mudah dikawal oleh dinas pertanian.

“Banjir merendam areal sawah selama tiga kali. Mereka gagal panen dan mengajukan klaim Rp6 juta per hektare,” imbuh Setia Budi.

Lebih lanjut, Setia Budi menuturkan akan mengembangkan program ini menyasar bagi para petani lainnya. Tak hanya padi, komoditas bawang merah dan jagung yang sedang menjadi primadona akan disasar program ini. (RAMADHANI/m)

Berita Terbaru