Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Utara Terapkan TOSS

  • Oleh Ramadani
  • 14 Maret 2018 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemkab Barito Utara terapkan sistem TOSS (Temukan, Obati Sampai Sembuh) dalam menangani penyakit Tuberkulosis (TBC).

“Jadi komitmen kita bagaimana menanggulangi penyakit TBC ini dengan cara penemuan secara dini, kalau sudah ditemukan segera diobati. Ada istilahnya “TOSS”, (Temukan, Obati Sampai Sembuh),” kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Robansyah, Rabu (14/3/2018) .

Dinas Kesehatan juga mengharapkan kepada masyarakat agar penyakit TBC tidak menjadi momok bagi masyarakat. "Tidak perlu takut, tidak perlu gengsi untuk berobat TBC, karena TBC bukan penyakit kutukan, bukan penyakit keturunan, akan tetapi ini merupakan penyakit menular yang bisa disembuhkan asal berobat secara teratur," terangnya.

Pengobatan untuk penyakit TBC ini gratis selama enam bulan secara terus menerus dan tidak terputus. Apabila dalam pengobatan terputus bisa mengakibatkan resisten dan bisa menjadi permasalahan sendiri.

Penyakit TBC merupakan salah satu isu yang dibahas dalam dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakernas) di Bumi Serpong Damai (BSD) Tanggerang.

Dalam rakernas tersebut, ada tiga isu yang diangkat yakni percepatan eliminasi TBC, penurunan stunting, dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi.

“Penurunan stunting ini adalah suatu kondisi kekurangan gizi dalam pertumbuhannya sehingga anak atau orang ini tidak bertumbuh dengan maksimal atau tidak normal, bisa kerdil bisa juga tinggi badannya kurang,” kata H Robansyah.

Kemudian terkait imunisasi, Dinas Kesehatan mengharapkan seluruh desa di Kabupaten Barito Utara khususnya warga desa terutama bayi dan balita di bawah satu tahun telah mendapatkan imunisasi lengkap.

“Harapan kita dengan mendapatkan imunisasi lengkap bayi dan balita kita dapat terlindungi dan mencegah penyakit-penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru