Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akses Jalan Menuju Pelabuhan Segintung Segera Dibangun

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 15 Maret 2018 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Akses jalan darat dari dan menuju Pelabuhan Laut Teluk Segintung, Kuala Pembuang, Seruyan, segera dibangun.

"Dalam minggu-minggu ini akan dimulai aktivitas pengerjaan akses jalan Pelabuhan Segintung," kata Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan Leonard S Ampung, Rabu (14/3/2018).

Lelang dan kontrak pekerjaan sudah dilaksanakan. Bahkan tim teknisnya  turun ke lapangan untuk mengecek kondisi jalan yang akan dikerjakan.

"Lelang sudah, tim teknis sudah cek ke lapangan," lanjut Leonard yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah tersebut.

Pengerjaan akses jalan ke Pelabuhan Segintung dananya dari dana reguler atau berasal dari APBD Seruyan sebesar Rp43 miliar dengan panjang jalan sekitar 20 kilometer.

"Jalan ini nantinya akan diaspal, sehingga akan lebih memudahkan mobilitas masyarakat dari menuju pelabuhan tersebut," katanya.

Pengaspalan jalan tersebut selain membantu mobilitas masyarakat agar lebih cepat dan mempersingkat waktu. Dampak lainnya juga agar merangsang geliat perekonomian di wilayah Kuala Pembuang maupun di sekitar Pelabuhan Segintung.

"Pelabuhan ini adalah salah satu pintu gerbang untuk mendongkrak perekonomian di wilayah Kabupaten Seruyan," katanya.

Secara infrastruktur, tambah Leo, pihak otoritas pelabuhan telah membangun sejumlah sarana dan prasaranan, diantaranya yaitu kantor otoritas pelabuhan dan terminal penumpang.

"Dari Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) telah membangun sejumlah infrastruktur, hanya akses dari dan menuju pelabuhan saja yang belum mendukung, sehingga secara tidak langsung pelabuhan ini sudah sia untuk dioperasikan," katanya. (FREDDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru