Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Barat akan Bongkar Pasar Saik, Ini Penyebabnya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Maret 2018 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bangunan Pasar Saik Indra Kencana yang terletak dipinggir Sungai Arut ini sudah cukup tua, Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) akan membongkar bangunan tersebut serta merelokasi para pedagang.

Pasalnya, kondisi pasar yang sudah dianggap tidak nyaman yang berdampak sepi pembeli. Sehingga banyak lapak yang kosong. Ditambah, konstruksi bangunan yang tidak layak lagi karena termakan usia.

Bupati Kobar Nurhidayah mengatakan, lokasi pasar yang saat ini sudah tidak strategis juga menjadi pertimbangan pemkab untuk merelokasi pedagang pasar.

”Terkait keberadaan pasar masih kami pikirkan. Seperti yang kita lihat bersama kondisi pasar yang ada saat ini sudah tidak memungkinkan lagi keberadaannya akibat sepi pembeli," kata Bupati Kobar, Nurhidayah.

Selain itu, Pemkab Kobar akan mengkaji kembali rencana pemindahan pasar ke lokasi yang dianggap lebih strategis.

"Sehingga pembeli dan pedagang sama-sama merasa nyaman dalam bertransaksi. Dengan kondisi yang nyaman dan letak yang strategis, diharapkan pasar tersebut akan ramai dikunjungi pembeli," jelas Bupati.

Selain itu, rencana pemindahan pasar tersebut juga berkaitan dengan pengembangan Water Front City di pinggir Sungai Arut.

"Tujuannya untuk memgembangkan sektor pariwisata yang merupakan salah satu fokus program kerja kita. Dengan adanya Water front City diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru di Kobar," jelas Bupati.

Ada lima segmen pembangunan Water Front City ini. Rinciannya, segmen 1 yaitu pengerjaan di Kelurahan Mendawai, termasuk pasar di kawasan tersebut.

Segmen 2 yang berada di sekitar Kantor Damkar Kobar,  segmen 3 Pasar Indra Sari, segmen di Pasar Sembaga Mas dan segmen 5 yaitu lanjutan pembangunan konsep tersebut di pinggiran sungai sepanjang 1 km menuju Kelurahan Baru. (WAHYU KRIDA/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru