Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Harus Manfaatkan Potensi Kebudayaan Untuk Menarik Wisatawan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 15 Maret 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah harus manfaatkan potensi kebudayaan lokal untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional. Salah satu yang menarik wisatawan itu bukan hanya keindahan dari destinasi wisatanya saja, namun juga kebudayaannya.

"Kita terakhir kali kunjungan kerja itu di Banyuwangi, karena Banyuwangi merupakan kiblatnya pariwisata di Indonesia, Karena Bali pun belajar kesana terkait pariwisata. Dibanyuwangi itu disamping mereka menonjolkan alamnya mereka juga menonjolkan kebudayaannya," kata Anggota Komisi B DPRD Kotawaringin Barat Jamuli Zam Zam, Kamis (15/3/2018).

Jamuli mengatakan, di Banyuwangi mereka bukan hanya menonjolkan alamnya saja akan tetapi budaya juga. Di Kotawaringin Barat (Kobar) Tanjung Puting sudah mendunia di kalangan wisatawan internasional kecuali wisatawan lokal, karena mereka belum mengetahuinya.

"Cara yang tempat untuk mengenalkan Tanjung Puting ke wisatawan lokal itu, tergantung bagaimana kita memasarkannya. Untuk saat ini Pemerintah Kobar sendiri tidak dapat apa-apa dari tanjung puting tersebut untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena Tanjung Puting dikelola oleh Pusat," ucapnya.

Seperti beberapa waktu lalu acara Beberasih Benua yang dilaksanakan lima tahun sekali. Sebenarnya kegiatan itu bisa di tonjolkan untuk menarik wisatawan, karena turis internasional sangat suka hal tersebut.

Jamuli mengatakan kepada panitia kegiatan Beberasih Benua itu harus dilakukan satu tahun sekali, karena di Daerah Kumai turis sering masuk lewat daerah tersebut dan barang juga masuk lewat sana. Karena untuk menarik wisatawan ini bukan hanya dilihat dari destinasinya akan tetapi budayanya. (HARDI)

Berita Terbaru