Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Pelajar Ikuti Lomba Menganyam dan Melukis Ornamen

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 15 Maret 2018 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 54 pelajar di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti lomba menganyam di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, Kamis (15/3/2018).

Peserta lomba menganyam pada Festival Pelajar ini terdiri dari delapan peserta dari SD, 32 peserta SMP dan 14 peserta SMA. Mereka menganyam tikar purun yang merupakan tikar tradisional dari Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah.

"Untuk menganyam tikar peralatannya sudah disediakan oleh panitia, peserta tinggal membuat tikar tersebut. Lomba ini dilakukan untuk mencari bibit unggulan yang akan ditandingkan ke Palangka Raya," kata Juri Lomba Menganyam, Ernie Yana, Kamis (15/3/2018).

Di tempat yang sama, berlangsung juga lomba melukis ornamen di telabang. Telabang merupakan tameng panjang khas Kalimantan.

Mereka melukis di telabang menggunakan cat kayu. Waktu mereka mengerjakan selama lima jam dihitung dari pukul 08.30 WIB.

Peserta melukis ornamen hanya diikuti dari jenjang SMP dan SMA saja dengan total peserta sebanyak 25 peserta. Dengan rincian, jenjang SMP ada 10 peserta dan SMA 15 peserta. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru