Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Karet, Kelapa, dan Rotan Jangan Ditinggalkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Maret 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) M Taufiq Mukri meminta masyarakat tidak meninggalkan potensi tanaman lokal seperti karet, kelapa, dan rotan.

"Jangan tinggalkan potensi karet, kelapa, dan rotan. Tiga jenis perkebunan ini patut dilestarikan," ujar Taufiq, Kamis (15/3/2018).

Potensi tanaman lokal di daerah ini dinilai membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan banyak di sejumlah desa di Kotim yang sejak dulu masyarakatnya sudah berkebun tiga jenis tanaman tersebut.

Sehingga, jangan sampai hanya karena ingin mengikuti perkebunan kelapa sawit masyarakat mengubah tanaman lokal tersebut. Karena potensinya cukup menjanjikan di kemudian hari.

"Jangan sampai perkembangan perkebunan kelapa sawit yang menjanjikan keuntungan, membuat masyarakat petani mengubah kebun mereka menjadi sawit," kata Taufiq.

Saat ini potensi rotan banyak ditanam di Cempaga, Seranau, Kota Besi, dan Baamang.

Sedangkan karet hampir merata ada ditanam warga di daerah ini, selain di daerah selatan.

Sementara, untuk kelapa, umumnya berada di wilayah selatan. Karena memang di daerah tersebut dekat dengan laut dan juga menjadi sentra perkebunan kelapa dalam. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru