Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sidodadi Kandidat Kuat Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Maret 2018 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim penilai dari Provinsi Kalteng akhirnya tuntas melakukan penilaian terhadap tiga desa yang bersaing dalam lomba gotong royong masyarakat terbaik tingkat provinsi.

Desa Sidodadi, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau menjadi desa terakhir yang dinilai. Proses penilaian itu berlangsung pada Kamis (15/3/2018). Meski belum diketahui pasti hasilnya, desa yang terletak di Pangkoh VI Blok B ini diprediksi menjadi kandidat kuat peraih juara.

Ketua tim penilai lomba sekaligus sebagai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kalteng, Eka Dian Satya Hadi mengatakan, ada empat kriteria yang akan dinilai. Di antaranya bidang ekonomi, kemasyarakatan, pembangunan dan pemberdayaan.

"Desa Sidodadi bagus, tertata rapi. Makanya kita perlu cek sesuai yang disampaikan kadesnya," katanya.

Ia menuturkan, dua desa yang menjadi pesaing Desa Sidodadi dalam lomba tersebut yakni terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Kabupaten Lamandau. Tim sudah lebih dulu melakukan penilaian.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Pulang Pisau, Susilo menyebut Desa Sidodadi memang layak mewakili kabupaten untuk menjadi peserta lomba tingkat provinsi. Ia pun berharap bisa menjadi terbaik pertama.

Hal senada juga disampaikan Camat Maliku Sukarja. Sebelumnya, desa tersebut bersaing dengan 15 desa yang ada di tingkat Kecamatan Maliku. Setelah juara, berlanjut ke tingkat kabupaten dan kembali meraih juara pertama.

Sementara itu, Kepala Desa Sidodadi, Ali Usni mengatakan, keikutsertaan Desa Sidodadi ini untuk yang kedua kalinya mewakili kabupaten. Pada 2017 lalu, berhasil meraih juara II. Perolehan ini menjadi pemecahan rekor karena sebelumnya Kabupaten Pulang Pisau selalu menempati posisi tiga.

"Di Desa Sidodadi, gotong royong sangat utama karena pembangunan mendasar adalah gotong royong. Tanpa gotong royong kita mustahil bisa berdiri kuat," ucapnya.

"Semua persiapan sudah kita lakukan. Harapannya, tahun ini kita bisa juara pertama," tutur Ali Usni. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru