Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Potong Unggas Kapuas Terkesan Mangkrak

  • Oleh Sri Hayati
  • 16 Maret 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kondisi rumah potong unggas (RPU) Kapuas sampai saat ini belum memiliki akses jalan.Padahal kondisi fisik bangunan yang berada di Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat tersebut, sudah permanen.

"Saat ini RPU belum ada akses jalan masuk. Padahal pembangunan fisiknya sudah selesai," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Hery, Jumat (16/3/2018).

Dia mengakui, sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, namun sampai saat  belum ada tanggapan. Adapun luas area RPU tersebut adalah sekitar 2 hektare dan sampai saat ini belum bisa difungsikan secara maksimal karena akses jalan belum ada. Padahal ucapnya, pihak pedagang di RPU lama yakni yang berada di Jalan Jepang Kuala Kapuas, sudah siap untuk pindah kalau akses jalan sudah ada.

"Kita sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PU, tetapi belum ada tindak lanjutnya. Kalau soal anggaran masuk pada DIPA Dinas Pertanian dan teknisnya di PU," ungkapnya.

Dia menambahkan, masih ada kekurangan yabg perlu dibenahi di RPU diantaranya kandang penampung dan panjang jalan sekitar 150 meter. Untuk tahun aggaran 2016 hanya diperuntukan untuk penimbunan, sedangkan tahun 2017 dan 2018 tidak ada. Padahal fisik RPU dibangun menggunakan anggaran pusat. Pemerintah daerah hanya menyediakan lahan, penimbunan dan jalan.

"Untuk tahun anggaran 2017 dan 2018 tidak ada. Kalau dibiarkan seperti ini akan berdampak pada bantuan pusat.Karena dinilai bangunan tersebut besar, sehingga akan terkesan mubazir dan tidak ada manfaat," pungkas Hery. (SRI/m)

Berita Terbaru