Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Lemang Diperlombakan di Festival Pelajar Kobar

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 16 Maret 2018 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Sebanyak 18 kelompok yang terdiri dari 12 kelompok tingkat sekolah menengah pertama dan 6 kelompok sekolah menengah atas mengikuti lomba memasak lemang yang digelar di Festival Pelajar, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (16/3/2018).

Lemang merupakan makanan tradisional khas Kalimantan, sehingga dijadikan salah satu cabang lomba pada Festival Pelajar dengan tujuan untuk melestarikan budaya.

Selain itu, untuk mencari bibit yang bisa diikutsertakan pada Festival Budaya Isen Mulang dalam rangkat HUT Kalteng.

"Kriteria yang dipakai untuk menilai lomba ini dilihat dari beberapa lemang yang berhasil dijual. Selain itu, peserta dalam menjual lemang ini harus menggunakan bahasa Inggris. Karena dalam perlombaan di Festival Budaya Isen Mulang juga harus menggunakan bahasa Inggris dalam menjual lemang mereka," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotawaringin Barat Tengku Jayadi, Jumat (16/3/2018).

Ia menyebutkan, untuk satu kelompok pembuat lemang minimal terdiri lima orang. Mereka mengolah lemang menggunakan 5 kilogram ketan yang dimasukan ke dalam 10 ruas bambu.

"Bahan yang digunakan untuk membuat lemang ini cukup mudah seperti ketan, santan, dan bahan penyedap. Serta sarana yang digunakan dalam membuat lemang ini seperti bambu dan daun pisang yang cara memasaknya dengan memasukan ketan tersebut ke dalam bambu yang sudah lapisi daun pisang dan setelah itu bambu dibakar," ucapnya.

Di samping dilihat dari jumlah penjualan, juri juga menilai kebersihan lemang berikut para pesertanya. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru