Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Timur Sosialisasi Bank Sampah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Maret 2018 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan sosialisasi bank sampah di Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Sampit, Selasa (20/3/2018). 

Sosialisasi tersebut dihadiri puluhan warga yang berdomisili di daerah tersebut. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan dengan cara mengelola sampah. 

"Sosialisasi ini kami lakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah, hingga menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi dan bisa menjadi salah satu penghasilan," ujar Camat Mentawa Baru Ketapang Ahmad Sarwo Oboi, usai kegiatan tersebut. 

Dirinya mengungkapkan bahwa dengan adanya sosialisasi ini setidaknya masyarakat bisa bahu-membahu untuk menanggulangi sampah. Hingga akhirnya bisa berujuk pada daerah ini bebes dari sampah. Yang mana sejalur dengan kehendak Pemkab Kotim yang menjadikan Sampit sebagai kota bebes sampah pada 2020 mendatang. 

Untuk penanggulangan sampah sendiri sudah berjalan cukup lama. Bahkan pihak kelurahan juga sudah mendapatkan angkutan sampah yang digunakan untuk mengambil sampah rumah tangga untuk dibawa ke TPS atau penampungan di TPA. 

"Selain itu, kami juga melakukan gotong royong bersama masyarakat, hal itu dilakukan demi kebersihan lingkungan," kata Oboi. 

Sementara Lurah Mentawa Baru Hilir Maya Anisa mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya juga terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemilahan sampah. Sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 

"Tujuan kami untuk dilakukannya sosialisasi ini juga untuk masyarakat agar bisa memberikan suatu nilai ekonomis terhadap sampah melalui bank sampah. Sehingga sampah tidak lagi menjadi musuh, namun sebagai kawan dan memberikan penghasilan," terang Maya. 

Dalam sosialisasi bank sampah tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim Sanggul Lumban Gaol dan pembicara dari Surabaya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru