Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orang Tua Harus Mendampingi Anak saat Menonton Televisi

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 20 Maret 2018 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Orang tua harus mendampingi anak saat menonton televisi, karena mereka dengan mudah meniru apa yang mereka tonton. Secara edukasi pihak yang berwenang memberikan tayangan tersebut, sudah memberikan peringatan tentang batasan usia setiap tayangan.

"Tinggal bagaimana sikap orang tua untuk mengikuti imbauan itu atau sekadar biasa saja. Tidak hanya tayangan saja, orang tua juga perlu dekat dengan anak untuk mengetahui apa saja yang mereka tonton, konsumsi, dan apa yang mereka pakai," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kotawaringin Barat Rody Iskandar, Selasa (20/3/2018).

Rody menambahkan, kecanggihan teknologi saat ini bukan hanya dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Hal itu terbukti dari gadget yang mereka pegang.

Di sinilah dituntut peran bijak dari orang tua agar selalu mendampingi anaknya baik itu pada saat menonton maupun menggunakan gadget tersebut.

"Saat ini yang paling gampang terpengaruh itu pada perubahan pola pikir. Salah satu pemicu perubahan itu melalui tayangan yang mereka tonton. Sehingga kita sebagai orang tua juga kaget anaknya dapat omongan tersebut dari mana," ucapnya.

Serta, mereka bertingkah laku tidak sesuai dengan yang diajarkan orang tua. Tayangan yang mereka tonton tersebut akan langsung melekat kepada diri mereka dan langsung mereka tiru. Tinggal kebijakan orang tua untuk menanggapi hal tersebut. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru