Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Seruyan Gelar Rapat Sertifikasi Berkelanjutan Perusahaan Sawit

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 21 Maret 2018 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemkab Seruyan menggelar rapat working group sertifikasi yurisdiksi untuk mempercepat tercapainya proses sertifikasi berkelanjutan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan kelompok kerja (pokja) atau working group yang sebelumnya sudah dilaksanakan pada November 2017 lalu," kata Sekda Seruyan Haryono, Selasa (20/3).

Pokja dibentuk sebagai tindak lanjut dari surat keputusan Gubernur Kalteng mempercepat tercapainya proses sertifikasi berkelanjutan untuk perkebunan kelapa sawit. 

Selain tingkat Provinsi, juga dibentuk di Kabupaten Seruyan melalui SK Bupati Nomor 188/25/271/2017. Poktan ini dibentuk untuk menyatukan berbagai pemangku kepentungan disektor perkebunan kelapa sawit di Seruyan.

"Nantinya juga akan mendiskusikan mencari solusi bersama, resiko yang dihadapi padal level kebun, seperti isu deforestasi, karhutla dan konflikbsosial," katanya.

Maka dari itu, tambah Sekda, semua PBS meninjau kembali rencana kerja masing-masing terkait dengan upaya menuju sertifikasi berkelanjutan 2019.

"Hal ini guna mewujudkan program yang telah dibentuk oleh emerintah," terangnya.

Semantara itu, Kapala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Seruyan Sugian Noor mengatakan, pemetaan petani swadaya telah dilakukan srjak 2015.

Hingga saat ini sudah mencapai 2981 petani dengan jumlah kebun yang dipetakan 4.061 lahan seluas 6.657,9 hektare di enam kecamatan  di wilayah Kabupaten Seruyan.

"Capaian yang besar ini tidak lepas  dari keterlibatan perusahan sawit dalam melakukan kegiatan pemetaan, dan saat ini masih ada dua kecamatan yang belum selesai pemetaan yaitu Kecamatan Seruyan Raya dan Danau Sembuluh," ungkapnya.

Berita Terbaru