Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berwisata Susur Sungai Sambil Baca Al Quran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Maret 2018 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Terlihat puluhan orang berpakaian busana muslim mulai dari anak-anak, orangtua, laki-laki dan perempuan silih berganti turun ke dermaga yang ada di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit. 

Sesampainya di dermaga tersebut, para umat muslim itu langsung naik ke kapal wisata yakni Kapal Teluk Sampit. Tidak berapa lama, terdengar suara lantunan suci Al Quran dari dalam kapal tersebut. 

Hal itupun sempat menjadi perhatian masyarakat yang ada di PPM. Baik itu para motoris kelotok untuk penyeberangan dari Kota Sampit menuju Kecamatan Seranau maupun para penumpang seakan melihat langsung aktivitas di atas kapal itu. 
Walaupun sempat jadi pusat perhatian, tidak membuat mereka menghentikan lantunan ayat suci Al Quran. Namun mereka makin bersemangat untuk membaca kitab Allah tersebut. 

Tidak berapa lama, kapal tersebutpun mulai berangkat untuk melakukan susur Sungai Mentaya, sambil diiringi oleh lantunan ayat suci Al Quran yang dibawakan sejumlah orang tersebut. 

Segelintir orang sempat bertanya, apa yang dilakukan oleh mereka. Namun 
setelah dipasang spanduk, barulah masayarakat mengetahui bahwa sekelompok orang tersebut merupakan komunitas One Day One Juz (ODOJ) yang melaksanakan pembacaan Al Quran sambil wisata susur sungai. Hal itu dilakukan karena membaca Al Quran tidaklah harus di masjid atau di rumah. Namun bisa di mana saja dan kapan saja.

Hal itu memang baru pertama kali dilakukan oleh komunitas ODOJ. Namun diharapkan bisa menjadi wahana perkenalan sekaligus ajakan bagi umat Islam di Kabupaten Kotim untuk semakin mencintai Al Quran. Tentunya dengan membacanya walau hanya satu ayat dalam sehari.

"Alhamdulillah kami bisa berkumpul dan mengaji bersama sambil melakukan susur Sungai Mentaya ini. Mudah-mudahan ini diberi keberkahan," ujar Ketua Panitia Kegiatan One Day One Juz Sri Syahwani, Minggu (18/3/2018) sekitar pukul 15.30 WIB. 

Ia menuturkan, kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan di atas Kapal Teluk Sampit, guna memperkenalkan kepada masyarakat bahwa di Kotim ini ada komunitas yang insyaallah mencintai Al Quran.

Sekaligus juga dilakukan untuk membumikan Al Quran sebagai bacaan yang pas untuk umat muslim di dunia. Sehingga jadi penuntun hingga akhir hayat kelak.

Berita Terbaru