Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Katingan Keruh Sebabkan Ikan Keramba Mati

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Maret 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kondisi air Sungai Katingan yang semakin keruh menyebabkan banyak ikan keramba milik warga Kasongan mati. Pasalnya, ikan keramba yang dipelihara tidak tahan terhadap kondisi air yang keruh.

"Gara-gara air sungai keruh ikan keramba kita dan milik teman-teman banyak yang mati, terutama yang masih kecil," tutur Anang, petani keramba ikan di Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir, Jumat (23/3/2018).

Menurut Anang, keramba yang ia miliki itu berada di Sungai Katingan. Empat atau lima tahun lalu kondisi air Sungai masih tergolong jernih. Namun dalam tiga tahun terakhir ini kondisi air Sungai Katingan makin keruh. Bahkan sejak dua hari terakhir kondisinya bertambah parah. Sebab air yang mengalir bercampur lumpur.

"Kalau yang sudah umur empat bulan ke atas masih agak tahan meski tidak sedikit juga yang mati, tapi yang kecil lumayan banyak matinya," tuturnya.

Anang mengaku hanya memelihara ikan jenis nila saja. Soalnya ikan jenis ini dinilai tahan terhadap penyakit dan kondisi air yang keruh.

"Tapi kalau airnya terlalu keruh tidak tahan juga," keluhnya.

Anang hanya bisa berharap agar ke depan kondisi air Sungai Katingan tidak keruh lagi. "Harapan kita terutama petani keramba ikan ini air Sungai Katingan jernih kembali seperti beberapa tahun lalu," harapnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru