Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggunaan Gagdet Berlebihan Turunkan Kepedulian Sosial

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 23 Maret 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua DPRD Kotawaringin Barat menyoroti dampak negatif yang ditimbulkan oleh gadget. Menurutnya, gadget yang digunakan secara berlebihan menyebabkan kepedulian sosial menjadi rendah.

"Kita hidup itu harus saling bersosial dengan masyarakat yang satu dengan yang lain. Seperti halnya pada saat di halte bis mereka saling asyik memainkan gadget mereka masing-masing, tanpa memperdulikan sekitar," kata Ketua DPRD Kotawaringin Barat Triyanto, Jumat (23/3/2018).

Gadget membuat mereka asyik dengan dunia mereka sendiri tanpa tahu kabar orang yang berada dekat dengannya. Triyanto juga menjelaskan dengan mengambil contoh keluarganya tentang cara memanfaatkan gadget tanpa harus ketagihan.

"Untuk menggunakan gadget harus tahu apa kebutuhannya. Untuk anak SD yang dibutuhkan hanya SMS dan menelpon saja. Selain itu, orang tua jangan memfasilitasi anak secara berlebihan, sebab anak tersebut akan menggunakan fasilitas tersebut secara berlebihan juga," ucapnya.

Untuk ibu-ibu gunakan alat komunikasi tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Kalau kebutuhannya hanya untuk berdagang online cukup download aplikasi khusus untuk berdagang. Tujuannya agar membentuk kepedulian untuk lingkungan sekitar. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru