Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara mengenali Gizi Buruk

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 24 Maret 2018 - 00:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Ada beberapa cara untuk menentukan seseorang mengalami gizi buruk. Salah satunya dengan mengukur berat dan tinggi badan. Hal itu juga berlaku bagi bayi.

"Selain itu, kita juga melihat gejala klinisnya untuk balita dan bayi. Seperti badannya terlihat sangat kurus, tulang iganya kelihatan, dan perutnya cekung, serta wajahnya terlihat tua. Gejala klinis lain bisa juga dia kelihatan gemuk tapi isi perutnya hanya air," kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Kobar) Samsudin, Jumat (23/3/2018).

Kemudian, lanjut dia, punggung dan kakinya padat serta wajahnya bulat tetapi terlihat sendu dan sembab seperti tidak sehat. Berikutnya, otot-ototnya mengecil, pandangannya sayu, dan rambutnya tipis. Untuk bayi akan terlihat digrafik pertumbuhannya berdasarkan berat badan menurut umur.

"Apabila digrafik pertama pertumbuhannya kurang bagus, dalam dua bulan bila rutin menimbang dan berat badannya tetapi tidak naik, sebaiknya konsultasikan dengan petugas kesehatan. Apakah tidak naiknya berat badan karena sakit atau lantaan asupan makanannya," sambung dia.

Bila sampai bulan berikutnya tetap tidak ada penambahan berat badan, harus diberi makanan tambahan.

"Untuk yang kasus yang ada, mereka tidak memeriksa ke posyadu terdekat dan terkadang jarak tempuhnya bisa dibilang jauh. Setelah dia memeriksakan bayinya di posyadu, kondisinya sudah berada di garis merah," sebut Samsudin. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru