Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Obesitas Terjadi Karena Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 24 Maret 2018 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Obesitas pada anak biasanya terjadi karena pola asuh orang tua yang kurang tepat. Dalam kasus ini, orang tua biasanya terlalu memanjakan anak.

Selain itu, orang tua sering kali tidak peduli dengan pola makan dan gaya hidup anak.

"Obesitas pada anak itu juga disebabkan kurangnya aktivitas gerak fisik pada anak. Hal yang menyebabkannya seperti main gim yang ada di gawai. Sehingga anak betah main gim selama berjam-jam," kata Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Samsudin, Jumat (23/3/2018).

Pemicu lainnya, kebiasaan anak mengonsumsi makanan ringan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti kentang goreng.

"Untuk zaman sekarang anak-anak sangat jarang mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Yang paling rentan tidak mengonsumsi sayur itu dari anak TK sampai SD. Karena anak hanya makan nasi dengan lauk tanpa dilengkapi sayur sebagai penyeimbang," ucap dia.

"Pola asuh orang tua juga mempengaruhi karena mereka menuruti permintaan anak. Seperti contoh anak mereka meminta makan ayam goreng saja dan tidak memberikan makan lain seperti sayur. Orang tua seharusnya memberikan pengertian efek sampingnya bila makan hanya nasi dengan lauknya tanpa sayur."

Samsudin menyebutkan, efek dari obesitas di antaranya penyakit jantung yang saat ini mulai melanda semua usia termasuk anak-anak. Kemudian, penyakit diabetes dan hipertensi. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru