Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gedung SD yang Tertimpa Pohon Berada di Kompleks Desa Budaya Dayak

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Maret 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gedung SD di Dusun Betung Desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan yang rusak tertimpa pohon berada di Kompleks Desa Budaya Dayak.

Pada 2016 lalu Bupati Katingan Ahmad Yantenglie saat itu telah mencanangkan Dusun Betung menjadi Desa Budaya Dayak Kabupaten Katingan.

Dalam memoles Dusun Betung menjadi desa budaya ini, pemerintah daerah telah menginstruksikan sejumlah SOPD memasukkan programnya, terutama instansi yang memiliki keterkaitan dengan budaya.

Para SOPD ini membangun secara keroyokan. Sejumlah SOPD yang selama ini telah memasukkan program kegiatannya di Dusun Betung, yakni Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata. Kemudian Dinas Pendidikan dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata kebagian membangun gapura tempat masuk desa budaya. Sementara Dinas PU membangun jalan masuk dari Jalan Trans Kalimantan menuju Dusun Betung.

Sedangkan Dinas Pendidikan saat itu kebagian membangun gedung SD. Namun bentuk bangunan gedung SD harus disesuaikan dengan budaya atau ornamen Dayak.

Pada akhir 2016 lalu bangunan gedung SD di Dusun Betung ini selesai dibangun dan siap untuk ditempati.

Akan tetapi selama 2017 gedung SD ini tak kunjung juga difungsikan sebagaimana mestinya. Pun diawal 2018 ini juga masih kosong hingga kemudian ruangan guru rusak tertimpa pohon durian.

"Sejak tahun 2016 itu Dusun Betung tidak lagi diipoles seperti sebelumnya, sebab tidak anggaran atau program yang masuk lagi di tahun berikutnya," aku Kepala Desa Tumbang Liting, Didi, Minggu (25/3/2018). (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru