Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Gelar Workshop Manajemen Risiko dan Keselamatan Pasien

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 26 Maret 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar workshop manajemen risiko dan keselamatan pasien. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan keselamatan pasien yang merupakan syarat untuk diterapkan di semua puskesmas yang memiliki akreditasi.

"Puskesmas harus meningkatkan mutu klinis dan keselamatan pasiennya. Standar keselamatan pasien meliputi hak pasien, mendidik pasien dan keluarga. Karena keselamatan telah menjadi isu global termasuk juga puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Dwi Ratna dalam pembukaan acara tersebut, Senin (26/3/2018).

Ada beberapa isu penting terkait dengan keselamatan di puskesmas seperti keselamatan pasien, keselamatan pekerja kesehatan, keselamatan bangunan dan peralatan di puskesmas yang bisa berdampak terhadap keselamatan pasien beserta petugas.

"Selain itu keselamatan lingkungan yang berdampak terhadap pencemaran lingkungan dan keselamatan puskesmas. Ada juga metode peningkatan kinerja untuk melakukan evaluasi program peningkatan keselamatan pasien," ucapnya.

Serta peran kepemimpinan dalam meningkatkan keselamatan pasien, mendidik staf tentang keselamatan pasien. Selain itu ada beberapa hal terkait keselamatan pasien seperti komunikasi yang efektif, peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai.

"Pelayanan kesehatan pada dasarnya untuk menyelamatkan pasien. Oleh karena itu perlu diadakan pelatihan keselamatan pasien dan program peningkatan mutu yang menjadi acuan dalam penyusunan program-program," ujarnya. (HARDI/B-5)

Berita Terbaru