Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aktivitas Penangkapan Ikan Bakal Diawasi Ketat

  • Oleh Uriutu
  • 27 Maret 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok- Pemerintah Kabupaten Barito Selatan memperketat proses penangkapan ikan. Baik itu di wilayah sungai maupun di danau.

Aktivitas penangkapan ikan di dua kawasan itu akan diawasi dengan ketat supaya terhindar dari tindak pelanggaran hukum atau illegal fishing.

"Kita akan mengawasi secara ketat, antisipasi adanya illegal fishing atau pengambilan ikan secara ilegal. Mengingat akan bergantinya musim yang menyebabkan air sungai dan danau di daerah ini mengalami pasang surut," kata Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri, Selasa (27/3/2018).

Ia mengatakan, dengan kondisi air seperti itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab untuk menangkap ikan secara ilegal. Baik menggunakan setruman aki, racun potas, atau bahan beracun lainnya.

Ia juga meminta Dinas Tanaman Pangan Pertanian dan Perikanan melakukan pengawasan ke sejumlah perairan, terutama pada anak-anak sungai dan danau.

Supaya pengawasan bisa dilakukan berkesinambungan, hendaknya melibatkan masyarakat dengan membentuk kelompok pengawasan masyarakat (pokwasmas). (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru