Sebulan, Perusahaan HPH di Katingan Milirkan Ribuan Meter Kubik Kayu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Maret 2018 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dalam sebulan perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) dapat mengeluarkan ribuan meter kubik kayu log melalui Sungai Katingan. Informasinya saat ini ada delapan perusahaan HPH yang beroperasi.

Areal yang digarap delapan HPH ini berada di bagian wilayah hulu/utara Kabupaten Katingan, seperti Kecamatan Sanaman Mantikei, Kecamatan Marikit, Kecamatan Petak Malai, Kecamatan Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya.

"Kalau saya lihat terutama yang sering lewat di Sungai Katingan, dalam sebulan perusahaan itu bisa mengeluarkan ribuan meter kubik kayu ke luar daerah atau pulau, lewat Laut Jawa," kata Nirman Hadi, pembina LSM Asosiasi Masyarakat Peduli Hukum (Ampuh) Provinsi Kalteng, Kamis (29/3/2018).

Menurutnya, masyarakat tidak pernah tahu sumbangan pihak ketiga terkait SDA kayu ini.

"Bayangkan dalam sebulan perusahaan itu bisa mengeluarkan ribuan meter kubik kayu mekanis, namun masyarakat Katingan tidak pernah tahu berapa-berapa sumbangan pihak ketiga (perusahaan kayu) itu," katanya.

Seharusnya banyaknya perusahaan kayu yang beroperasi di wilayah Katingan, itu juga berimbas kepada peningkatan PAD Kabupaten Katingan, yakni dari dana bagi hasil dana reboisasi.

"Itu ada sumbangan pihak ketiganya, tapi masyarakat pada umumnya tidak tahu berapa-berapa dana bagi hasil tersebut," imbuh Nirman Hadi.(ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru