Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMK Muhammadiyah Tidak Liburkan Siswa Kelas X dan XI Saat Ujian Nasional

  • Oleh Siti Norsitah
  • 03 April 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- SMK Muhammadiyah Pangkalan Bun, menerapkan kebijakan berbeda dengan sekolah menengah kejuruan lainnya di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Bila sekolah lainnya meliburkan siswa kelas X dan XI selama pelaksanaan ujian nasional, tidak demikian dengan SMK Muhammadiyah Pangkalan Bun.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman itu tetap melaksanakan proses belajar mengajar seperti biasa meski siswa kelas XII tengah melaksanakan ujian nasional.

Kepala SMK Muhammadiyah Pangkalan Bun Eka Aprilianty menuturkan, pihaknya tidak meliburkan siswa kelas X dan XI karena guru SMK Muhammadiyah yang menjadi pengawas ujian nasional di sekolah lain hanya tiga orang.

Sehingga guru yang ada masih dapat melaksanakan proses belajar mengajar.

Alasan lainnya, kata Eka, posisi kelas belajar mengajar dengan ruang ujian nasional cukup jauh. Sehingga jika terjadi keributan tidak akan mengganggu pelaksanaan ujian.

Selain itu, Eka menilai siswa kelas X dan XI sudah banyak mendapat libur pada tahun ini. Karenanya, bila saat ujian nasional mereka kembali diliburkan, ada kekhawatian siswa terlena dan ketinggalan materi pelajaran.

Eka juga menyebutkan bahwa kepala Dinas Pendidikan Provinsi memberikan wewenang kepada kepala sekolah untuk mengambil kebijakan sesuai keadaan di sekolah.

"Beberapa hal inilah yang membuat kita akhirnya mengambil kebijakan untuk tidak meliburkan siswa kelas X dan kelas XI saat ujian nasional," kata Eka Aprilianty. (SITI NORSITAH/B-3)

Berita Terbaru