Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Motoris Kelotok ini Mengaku Pernah Lihat Buaya Sepanjang Lima Meter di Sungai Lemiring

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 April 2018 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Desa Ganepo, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belakangan ini diresahkan dengan serangan buaya di Sungai Lemiring, anak Sungai Mentaya. 

Tak hanya itu, jumlah buaya di sungai tersebut ternyata cukup banyak. Bahkan ada yang berukuran sangat besar.

"Kalau yang pernah saya lihat, paling besar itu sekitar lima meter. Karena hampir sama panjangnya dengan lanting warga saat hewan itu melintas," kata salah satu motoris kelotok penyeberangan Desa Genepo ke Desa Bapeang, Nurdiansyah, Kamis (5/4/2018). 

Dia mengatakan, tidak hanya sekali melihat buaya besar itu. Namun sudah beberapa kali saat masuk ke muara Sungai Lemiring ataupun di kawasan sungai tersebut. 

"Awalnya sempat kaget juga melihat buayanya. Namun karena sudah terbiasa, jadi tidak takut lagi," kata Nurdiansyah. 

Dia mengatakan, untuk habitat buaya di Sungai Lemiring tersebut terbilang cukup banyak. Hampir tiap hari masyarakat melihat hewan buas yang dilindungi tersebut. Terutama pada sore menjelang magrib atau pagi hari. 

Kekhawatiran warga sekitar dengan keberadaan hewan itu tentu saja ada. Namun karena hingga saat ini tidak ada tindakan yang bisa menenangkan mereka beraktivitas di sungai. 

"Kalau beraktivitas di sungai ini tidak bisa dihindari. Karena sudah terbiasa, dan menjadi rutinitas warga sini. Jadi kami hanya bisa mengurangi dan mengatur waktunya saja," terang Nurdiansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 


TAGS:

Berita Terbaru