Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Kopra Anjlok Hingga Rp3.000 per Kilogram

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 April 2018 - 04:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga kopra hasil perkebunan kelapa di wilayah selatan Kotawaringin Timur, ternyata juga anjlok. Bahkan, saat ini berada di angka Rp 3.000 per kilogram.

"Kopra juga turun hingga Rp 3.000 perkilogram. Itu terjadi dalam beberapa pekan terakhir," ujar Sidik, warga Desa Parebok, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Senin (9/4/2018). 

Saat normal, harga kopra mencapai Rp 9.000 perkilogram. Belum diketahui penyebab penurunan yang anjlok ini. Petani kelapa dengan terpaksa tetap menjualnya, karena takut kelapa tua semakin membusuk hingga kerugian makin bertambah. 

"Terpaksa saja kami mengolah kelapa menjadi kopra, agar bisa mendapatkan untung, walaupun sedikit. Daripada semakin merugi," terang Sidik. 

Saat ini banyak masyarakat yang kembali mengolah kelapa menjadi kopra. Bahkan para pengepul yang merupakan asli warga Selatan Kotim juga memilih hal yang sama. 

Pihaknya berharap agar pemerintah daerah bisa segera mencari solusi agar harga kelapa kembali normal. Sehingga perekonomian masyarakat di daerah selatan semakin meningkat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru