Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serapan Anggaran Pemprov Kalteng Masih 9,37 Persen

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 10 April 2018 - 11:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tingkat serapan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) per 31 Maret 2018 masih belum mencapai target, padahal seharusnya sudah 20 persen.

Tapi capaian realisasi keuangan di tiga bulan pertama 2018 ini hanya 9,37 persen untuk realisasi keuangan dan 13,57 persen untuk realisasi fisik.

Jika dirinci realisasi serapan keuangan terdiri belanja langsung yang terserap 11,45 persen dan belanja tidak langsung 16,21 persen.

Fakta ini terkuak saat Pemprov Kalteng menggelar rapat tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (TEPRA) satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di Aula Jayang Tingang, Selasa (10/4/2018) menghadirkan SOPD provinsi dan Kabupaten/kota.

"Data ini berdasarkan monitoring dan evaluasi dari laporan yang telah disampaikan," kata Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Kalteng, Ridwan Manurung.

Terhadap keterlambatan penyerapan anggaran, kata Manurung, biasanya yang menghambat adalah proses pengadaan barang dan jasa.

Oleh karena itu dia mengharap semua SOPD mengumumkan paket pengadaan narang dan jasa lebih awal supaya lebih cepat dilakukan pelaksanaan. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru