Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Landasan Pacu Tiga Bandara Diusulkan Diperpanjang

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 10 April 2018 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), selain diusulkan pembangunan bandara baru di Sebuai, juga mengusulkan adanya perhatian pemerintah pusat agar landasan pacu di tiga bandara diperpanjang.

Pertama, di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Kedua Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dan ketiga Bandar Udara H Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Di Bandar Udara Tjilik Riwut, perpanjangan landasan pacu diusulkan dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter termasuk area putar balik (turning area). Juga usulan peningkatan daya dukung landasan pacu (PCN) dari 48 menjadi 60, agar bisa didarati pesawat jenis Airbus 330-300 kapasitas 325 seat.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan pengusulan itu kepada Pemerintah Pusat karena melihat kebutuhan pasar akan angkutan udara semakin meningkat. Selain karena geliat pertumbuhan investasi ke Kalteng, juga untuk pengembangan kepariwisataan.

“Selain itu juga pengembangan Tjilik Riwut menjadi Bandar Udara Internasional dan diusulkan menjadi Embarkasi Haji penuh, dari sebelumnya selama ini menjadi Embarkasi Antara,” terangnya, Selasa (10/4/2018).

Untuk Bandara Udara Iskandar Pangkalan Bun diusulkan perpanjangan landasan pacu dari 2.120 meter menjadi 2.800 meter, termasuk area putar balik.

“Sedangkan di Bandar Udara H. Asan Sampit, diusulkan perpanjangan landasan pacu dari 2.060 meter menjadi 2.800 meter,”. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru