Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penjelasan WWF Tentang Dugong dan Lamun

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 10 April 2018 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Dugong atau ikan duyung merupakan hewan mamalia laut herbivora satu-satunya di Indonesia. Makanan utamanya lamun.

Dugong juga merupakan satu dari 35 jenis mamalia laut di Indonesia. Namun, dugong merupakan satu-satunya satwa ordo sirenia yang area tempat tinggalnya tidak terbatas pada perairan pesisir. Tetapi keberadaannya sudah mulai terancam.

"Tumbuhan ini juga bisa hidup di bawah perairan laut dan tempatnya harus tembus cahaya matahari," kata Site Manager DSCP Indonesia Kotawaringin Barat (Kobar) Idham Farsha, Selasa (10/4/2018).

Lamun, sambungnya, merupakan tumbuhan berbunga yang tumbuh membentuk padang rumput atau padang lamun di dasar perairan pesisir dangkal. Lamun menjadi makanan yang disukai dugong.

Saat ini dari 1,507 kilometer luas padang lamun di Indonesia, hanya 5% yang tergolong sehat, 80% kurang sehat, dan 15% tidak sehat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan keberadaan dugong terancam. Di antaranya pemburuan skala lokal dan terdampar. Selain itu, penurunan kualitas air laut karena limbah juga mempengaruhi keberadaan makanan dugong. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru