Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Katingan Harapkan Harga Rotan Kembali Stabil

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 April 2018 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Petani Rotan di Kabupaten Katingan berharap harga komoditi itu bisa stabil seperti beberapa tahun lalu. Pasalnya, sudah lama rotan mentah dihargai murah oleh pengepul.

Dampaknya, tidak jarang pemilik kebun rotan atau petani rotan di Katingan beralih menanam tanaman lain yang dianggap menghasilkan, seperti kelapa sawit maupun karet.

"Kalau harganya terus menerus murah, bisa saja lambat laun kebun rotan warga dibabat habis digantikan tanaman lain yang lebih menguntungkan," ujar Arif, warga Kasongan, Selasa (10/4/2018).

Dia menambahkan, petani rotan terdapat mulai dari bagian hilir seperti Kecamatan Katingan Kuala, Mendawai, Tasik Payawan dan Kamipang.

Kemudian di Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, Pulau Malan dan Katingan Tengah, Juga di kecamatan Marikit, Sanaman Mantikai, maupun Katingan Hulu.

"Daerah tersebut juga kaya akan rotan. Dan masyarakat di sana bertopang hidup dari hasil rotan," katanya.

Meski produksi melimpah, namun harga rotan di tingkat petani dihargai sangat murah. "Kalau harganya stabil, saya yakin kehidupan masyarakat akan sejahtera," kata dia. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru