Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan dari Perkembangan Dunia Wisata di Kotawaringin Barat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 April 2018 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), tentunya membawa manfaat tersendiri yang bisa dirasakan secara langsung maupun tidak.

Menurut Danson, seorang pelaku wisata dan anggota DPC Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Kabupaten Kobar di Kantor Bupati Kobar menjelaskan mengenai manfaat yang bisa dirasakan tersebut.

"Tadi dalam pertemuan  dengan Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail dalam kunjungannya ke Pangkalan Bun,  Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah dan beberapa Kepala Dinas dilingkungan Pemkab Kobar hal tersebut juga ditanyakan oleh beliau," ujar Danson, Selasa (11/4/2018).

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang dimilikinya untuk wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Kobar jumlahnya lebih dari 15 ribu orang.

"Bila kita hitung secara kasar, rata-rata  seorang wisman membelanjakan uang sekitar Rp 4 juta. Uang tersebut termasuk dari tiket masuk Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang masuk dalam Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Misalnya Rp 4 juta x 15 ribu hasilnya sekitar Rp 82 miliar lebih bisa didapatkan dari wisman yang datang ke Kabupaten Kobar," jelas Danson.

Selain itu, lanjut Danson, lapangan kerja yang dihasilkan dari adanya kunjungan wisman.

"Sebagai contoh, guide atau pemandu wisata yang beraktivitas di Kobar jumlahnya lebih dari 100 orang. Kemudian jumlah kelotok yang beroperasi sekitar 96 buah. Nah dalam satu kelotok, minimal  diawaki oleh 4 orang yaitu kapten, assisten kapten, guide dan juru masak. Artinya lapangan pekerjaan muncul dari berkembangnya dunia wisata di Kobar," jelasnya.  (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru