Tidak Kuat Nanjak, Truk Peti Kemas Seruduk Rumah Warga

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 April 2018 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lantaran tidak kuat melewati jalan menanjak, sebuah truk yang mengangkut peti kemas milik PT Meratus, mundur mendadak. Bagian belakang truk menyeruduk rumah Nur Ainah (52 tahun) warga Jalan Natai Arahan RT 21, RW 6, Kelurahan Baru, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis (12/4/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Akibatnya, rumah berkonstruksi kayu yang terletak di seberang Terminal Natai Suka mengalami kerusakan parah. Bagian ruang tamu, berikut barang elektronik milik janda dua anak tersebut hancur dihantam truk.

"Waktu itu saya sedang di belakang rumah, sedang menungkih (membelah) kayu untuk membuat kayu bakar. Tiba-tiba terdengar bunyi keras. Eh tahunya rumah kami jebol ditabrak bagian belakang truk yang mundur," jelas perempuan yang berprofesi sebagai penjual arang ini pada Borneonews.

Menurutnya, saat ini ia bingung untuk mencari tempat tinggal sementara, lantaran tidak memiliki sanak keluarga di Pangkalan Bun. "Karena kerusakan cukup parah, kami takut untuk tinggal di rumah ini sebelum diperbaiki. Siapa tahu rumah ini roboh," ujarnya sambil menahan tangis.

Di tempat yang sama, Kanit Laka Satlantas Polres Kobar Aipda Tukul Jarwanto menjelaskan kronologis peristiwa tersebut.

"Berdasarkan pengakuan pengemudi truk yaitu Sukarsono, warga Jalan Malang Ujung RT 12, Desa Kumpai Batu Bawah, truk yang dikemudikannya membawa muatan peti kemas milik PT Meratus berisi keramik kurang lebih 25 ton," kata Aipda Tukul. 

Keramik itu diambil dari Pelabuhan Tanjung Kalaf. Rencananya muatan tersebut akan diturunkan ke tujuan yaitu Gudang Ponti Jaya Jalan Pasir Panjang.

Menurut Tukul, saat truk tersebut melintasi tanjakan yang berada tepat di depan Terminal Natai Suka, rupanya truk tidak kuat melewati tanjakan.

"Ditambah dengan rem yang blong akhirnya truk tersebut mundur. Menurut si sopir, lantaran di sebelah kanan banyak kendaraan yang melintas, truk tersebut kemudian diarahkan ke kanan. Sehingga bagian belakang truk menabrak rumah warga yang terletak di pinggir jalan itu," jelas Tukul.

Tukul memjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus kecelakaan ini.

Berita Terbaru