Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnakertranskop Dan UKM Sosialisasi Penyediaan Tanah Permukiman Transmigrasi

  • Oleh Ramadani
  • 12 April 2018 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disnakertranskop dan UKM) menggelar sosialisasi penyediaan tanah atau pembangunan permukiman transmigrasi di Aula Setda, Kamis (12/4/2018). 

“Transmigrasi tidak lagi merupakan program pemindahan penduduk, tetapi upaya untuk pengembangan wilayah. Metodenya tidak lagi bersifat sentralistik dan top down dari Jakarta, tetapi berdasarkan kerja sama antardaerah pengirim transmigrasi dengan daerah tujuan," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Barito Utara Hendro Nakalelo saat membacakan sambutan Pjs Bupati Sapto Nugroho.

"Penduduk setempat semakin diberi kesempatan besar untuk menjadi transmigran, proporsinya 50:50 dengan transmigran penduduk asal (TPA)," sambungnya.

Ia melanjutkan, pembangunan transmigrasi merupakan bagian integral dari pembangunan daerah. Khususnya dalam melaksanakan pembangunan perdesaan baru dan rehabilitas serta peningkatan sarana dan prasarana permukiman.

Menurutnya, program transmigrasi yang menonjol ialah pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia dan penyaluran potensi sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pembangunan wilayah.

“Sosialisasi penyediaan tanah atau pembangunan permukiman transmigrasi ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah di wilayah Barito Utara ini masih tersedia tanah untuk pembangunan permukiman transmigrasi dan tanah tersebut tidak bermasalah serta clear and clean sebelum didatangkan warga transmigrasi dari daerah lain,” kata Hendro Nakalelo.

Kegiatan sosiasisasi itu diikuti 40 peserta yang terdiri dari kepala SOPD, kabag, camat, kepala desa, ketua BPD, ketua adat, dan tokoh masyarakat. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru