Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dirjen Sebut Bandara Tjilik Riwut Sudah Dilirik Angkasa Pura II

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 13 April 2018 - 05:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kemenhub RI, Agus Santoso mengatakan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya memiliki tingkat pertumbuhan penumpang  tertinggi di Indonesia.  Kondisi ini membuat Angkasa Pura II melirik bandara kebanggaan warga Kalteng ini.

Saat ini konsentrasi penyelesaian Bandara baru Tjilik Riwut pun dikebut. Perpanjangan landasan pacu hingga menjadi 3.000 meter bukan hal mustahil.

Namun, kata Agus, bisa jadi nantinya untuk hal finisihing bakal dilakukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Angkasa Pura.

“Itu cukup prospektif, makanya dilirik BUMN Angkasa Pura II. Nanti yang finishing mungkin BUMN itu. Saat ini bangunan sudah selesai, tinggal interior dan ornamen,” jelasnya tadi malam di Istana Isen Mulang Palangka Raya saat mendampingi kunjungan kerja Komisi V DPR RI.

Menurut dia, bukan mustahil nantinya Palangka Raya membuka jalur penerbangan ‘direct’ tidak lagi transit dulu di sejumlah bandara. Itu jika kapastitas bandara baik runway, ruang tunggu dan apron bandara memadai.

“Ini nanti seperti bandara Solo dimana minta dari semula 2.600 meter diperpanjang jadi 3.000 meter. Sama-sama akan bisa akomodir pesawat jet nero body, Boeing 732-800 atau Airbus 330.  Supaya ‘direct flight’ bisa tercapai dan mungkin bisa Embarkasi Haji penuh,”terangnya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru