Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Siap Suplai Air Bersih ke Pelabuhan Segintung

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 13 April 2018 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kuala Pembuang siap menyuplai kebutuhan air bersih untuk Pelabuhan Samudera Teluk Segintung.

"Kita siap menyuplai air bersih untuk mendukung operasional Pelabuhan Segintung," kata Direktur PDAM Tirta Dharma Kuala Pembuang Sutrisman, Kamis (12/4/2018).

PDAM Kuala Pembuang sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk rencana pemasangan jaringan sejuah puluhan kilometer menuju Pelabuhan Segintung dari Kuala Pembuang.

Kemudian, sesuai dengan petunjuk dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, proyek pipanisasi PDAM menuju Pelabuhan Segintung yang diperkirakan menelan anggaran hingga Rp35 miliar harus dimasukkan dalam isu strategis daerah sehingga mendapat alokasi anggaran prioritas.

"Kita berharap usul yang disampaikan dapat segera direalisasikan, atau paling tidak pada 2019 jaringan pipa PDAM menuju Pelabuhan Segintung sudah mulai dibangun," katanya.

Selama belum terjangkau jaringan pipa, maka sementara waktu supali air bersih dari PDAM untuk Pelabuhan Segintung dapat dilakukan dengan menggunakan mobil tangki.

"Selama ini suplai air bersih menggunakan mobil tangki sudah dilakukan PDAM untuk melayani kapal yang sandar di Pelabuhan Segintung," terangnya.

Perluasan jaringan pipa PDAM menuju Pelabuhan Segintung juga sangat penting agar pelayanan air bersih dapat diakses masyarakat yang tinggal di sekitar pelabuhan serta sepanjang kawasan menuju Pelabuhan Segintung yang terdiri dari petani tambak dan nelayan.

"Jadi selain untuk suplai air bersih Pelabuhan Segintung, perluasan jaringan pipa dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pelayanan bagi masyarakat yang belum menikmati air bersih," jelasnya. (FREDDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru