Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Kobar Berikan Tanggapan Soal Rencana Kabar Pemblokiran Media Sosial

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 13 April 2018 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Mencuat kabar tentang pemblokiran salah satu sosial media ternama. Pemblokiran ini terkait karena adanya pencurian data informasi pengguna sosial media tersebut.

Hanya saja beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) belum mendapat kabar resmi dari pemerintah terkait kabar rencana pemblokiran media sosial tersebut.

"Kita juga belum mendapatkan rilis resmi tentang pemblokiran sosial media tersebut. Pemerintah juga sudah memanggil perwakilan dari sosial media tersebut untuk memberi klarifikasi tentang pencurian data dan menanyakan ke mereka apakah ada pengguna sosial media di Indonesia yang juga tercuri data pribadinya ," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat Rody Iskandar, Jumat (13/4/2018).

Meski belum menerima rilis resmi ,maka dinasnya telah mengambil beberapa tindakan untuk pencegahan. Salah satunya di linim asa Kominfo Kotawaringin Barat memberikan tips dan trik aman untuk bersosial media.

Trik yang diberikan seperti jangan biarkan aplikasi media sosial tersebut, mengakses hampir keseluruhan informasi pribadi pengguna sosial media.

Karena data pribadi yang disampaikan tersebut menjadi pintu masuk untuk data-data pribadi lainnya.

"Sehingga edukasi tentang sosial media kepada masyarakat itu harus selalu ada, karena media sosial siapa saja yang memiliki koneksi dengan kita bisa mengetahui informasi pribadi pengguna akun. Selain itu sosial media ini bukan kamar pribadi kita karena kalau sudah bermedia sosial berarti masuk dalam ranah publik," ucapnya. (HARDI/B-6)

Berita Terbaru